Senin, 17 Agustus 2015

Hasil Penelitian Para Ahli Tentang Teripang Emas

Hasil Penelitian Para Ahli Tentang Teripang Emas,- Gamat atau teripang emas merupakan spesies terpilih dari 1000 spesies gamat di dunia. Khasiat hewan laut filum Echinodermata telah dikenal berbagai bangsa di dunia sejak ratusan tahun. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), teripang memiliki kandungan gizi lengkap, antara lain: 9 jenis karbohidrat, 59 jenis asam lemak, 19 jenis asam amino, 25 komponen vitamin, 10 jenis mineral, dan 5 jenis sterol. Semua bersatu-padu membangun kekebalan tubuh dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Adapun menurut hasil penelitian dari beberapa ahli mengenai teripang emas, antara lain:
  • Menurut Dr.Ir.M. Ahkam Subroto, M.App.Sc., Periset Bioteknolog LIPI, kandungan protein tinggi pada teripang yang mencapai 82%, baik diberikan kepada penderita penyakit diabetes mellitus. Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hasilnya, produksi insulin meningkat. (Trubus 441, Agustus 2006, halaman 109).
  • Penelitian yang dilakukan di Universitas Malaysia selama 8 tahun menunjukkan bahwa Sea Cucumber dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh, mencegah penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah, melancarkan fungsi ginjal, meningkatkan kadar metabolisme, membantu arthritis, penyakit diabetes mellitus dan penyakit hipertensi serta mempercepat penyembuhan luka, baik luka luar maupun luka dalam.

Kandungan yang terdapat dalam teripang emas menurut hasil penelitian, antara lain:
  1. Asam Amino, kandungan asam eicosapentaenat (EPA) dan asam docosahexaenat (DHA) relatif tinggi, masing-masing 25,69% dan 3,69%. Nilai EPA besar menandakan kecepatan teripang memperbaiki jaringan rusak dan menghalangi pembentukan prostaglandin penyebab radang tinggi. Sedangkan DHA, asam lemak utama pada sperma dan otak, serta retina mata. Asupan DHA tinggi dapat menurunkan trigliserida darah penyebab penyakit jantung. Kekurangan DHA menyebabkan penurunan serotin otak pemicu penyakit alzeheimer dan depresi.
  2. Kandungan Mineral Calsium, Chromium (Chromium berfungsi memperbaiki kelenjar pankreas dalam menghasilkan hormon insulin sehingga dapat meurunkan kadar gula darah), Kalium, Zing, Magnesium, Fosfor dan Zat Besi sangat berguna membantu Toleransi Gula Darah, mengaktifkan enzim, mencegah Anemia darah, menghasilkan sel darah merah. 
  3. Kandungan kondroitin sulfat yang mencegah pengeroposan tulang pembuat radang.
  4. Teripang cokelat bergenus Holothuria mengandung lektin, protein tanpa kekebalan yang berinteraksi dengan gula, tetapi tidak menyatu menjadi produk baru. Senyawa itu mirip jakalin, lektin tumbuhan penghambat perkembangbiakan sel HIV. Ia bekerja dengan cara menggumpalkan sel jahat yang masuk dan menghancurkannya. Di samping kemampuannya dalam menggumpalkan sel-sel yang sangat berbahaya itu, lektin juga berperan sebagai indikator adanya tumor.  Hal tersebut diungkapkan oleh Elizabeth E. Gana dan Dr Florina E. Merca dari Universitas Los Banos, Filipina yang melakukan penelitian pada akhir tahun 2002 silam.
  5. Kandungan Asam Docosahexanat (DHA) yang mampu mengatasi penyakit jantung. Ini telah dibuktikan oleh Prof Zaiton Hassan, peneliti dari Departemen Ilmu Pangan, Universitas Putra Malaysia, Malaysia. Bersama M. A Kaswandi, dari Universitas Kebangsaan Malaysia. Hasilnya: kandungan DHA teripang relatif tinggi, yaitu 3,69%.
  6. Kandungan saponin glycosides yang ditunjukan Studi di China ini bahwa adanya anti kanker pada saponin dan polisakarida yang terkandung di dalam Sea Cucumber.
Itulah hasil penelitian dari para ahli tentang teripang emas, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Simak artikel lainnya
Cara Meyembuhkan Megakolon
Perbedaan Caesar dan Melahirkan Normal

Hasil Penelitian Para Ahli Tentang Teripang Emas

1 komentar:

  1. wihh nice info
    kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
    Obat Asam Lambung

    BalasHapus