Senin, 17 Agustus 2015

Operasi Caesar vs Melahirkan Normal, Mana yang harus dipilih?

Operasi Caesar vs Melahirkan Normal, Mana yang harus dipilih?


Melahirkan dengan cara operasi caesar berarti mengeluarkan bayi melalui sayatan dari perut sang ibu, bukan dari vagina. Sedangkan melahirkan secara normal merupakan proses melahirkan yang diidamkan oleh para ibu yang sedang menjalani kehamilan. Sebenarnya hamil dan melahirkan itu sudah menjadi kodrat sebagai seorang wanita. Cara melahirkan normal bagi sebagian ibu hamil merupakan pilihan pertama. Rasanya sudah menjadi wanita seutuhnya apabila sudah melahirkan secara normal atau alami. Proses melahirkan normal memang bisa menyakitkan dan tidak menyenangkan, apalagi ditambah cerita dari ibu-ibu lain yang membuat ibu harus berpikir dua kali untuk melahirkan normal.

Sedangkan sekarang kebanyakan ibu hamil lebih memilih untuk melahirkan secara caesar. Karena mungkin takut merasakan sakit ketika melahirkan secara normal atau ingin melahirkan sang bayi pada tanggal-tanggal tertentu (contoh: 11/12/13 atau 10/10/10) atau mungkin karena tidak ingin menunggu lama seperti menunggu proses pembukaan atau dilatasi yang bisa memakan waktu yang cukup lama.

Apabila sekarang ibu sedang bingung memilih antara melahirkan normal atau melalui operasi caesar, lebih baik ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari kedua cara tersebut, yuk....!!

Kelebihan dari operasi caesar, antara lain:
1. Ibu melahirkan tidak merasakan sakit ketika melahirkan bayinya karena efek obat bius.
2. Wanita bisa memilih tanggal kelahiran bayi sesuai dengan yang diinginkan.
3. Jalan lahir utuh sehingga organ kewanitaan sama seperti sebelum melahirkan.
4. Sangat dibutuhkan untuk wanita dengan riwayat melahirkan caesar, pinggul sempit, hipertensi, persalinan lama, atau ibu tidak kuat mengejan.

Kekurangan atau resiko dari operasi caesar, antara lain:
1. Rasa sakit yang sangat pada bagian perut dan rahim akibat robekan saat operasi. Hal ini tidak dirasakan oleh ibu melahirkan secara normal.
2. Kemungkinan terjadi infeksi rahim dan perdarahan yang lebih banyak daripada persalinan normal.
3. Kemungkinan trauma pada organ tubuh yang lain.
4. Membutuhkan masa pemulihan yang lebih lama daripada persalinan normal, bahkan efeknya masih dirasakan hingga bertahun-tahun.
5. Biaya yang dikeluarkan untuk melahirkan dengan cara caesar jauh lebih besar.
6. Ada bekas operasi pada perut bagian bawah.


Sedangkan kelebihan dari melahirkan secara normal, antara lain:
1. Risiko bayi mengalami kesulitan bernapas lebih kecil. Alasannya karena pada saat melalui jalan lahir, janin mengalami tekanan sehingga membantu keluarnya cairan dari paru-paru. Cairan ini yang menjadi penyebab bayi sulit bernapas.
2. Bayi lebih kebal terhadap alergi dan intoleransi laktosa (alergi laktosa). Alasannya karena adanya paparan bakteri baik pada jalan lahir yang membantu bayi menjadi lebih kuat.

Kekurangan dari melahirkan secara normal, antara lain:
1. Butuh waktu sampai pembukaan cukup besar untuk keluarnya bayi. Apabila tidak ada kemajuan bukaan, bayi dapat menjadi stres dan kekurangan oksigen yang dapat membahayakan kehidupan bayi.
2. Ibu harus merasakan sakit karena kontraksi sampai bayi dilahirkan. Pada beberapa kasus, ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama.
3. Risiko kerusakan otot dasar panggul pada ibu yang akan menyebabkan ibu sulit untuk menahan saat berkemih. Risiko semakin bertambah apabila bayi yang dilahirkan berbobot besar atau persalinan berlangsung dalam jangka waktu lama.

Melahirkan dengan cara operasi caesar atau pun secara normal memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tidak ada yang sempurna. Namun, meskipun begitu itu merupakan proses yang indah karena akan hadirnya bayi mungil, tetapi juga memiliki risiko tersendiri. Maka, sudah sepatutnya wanita dan ibu dihargai dalam hal ini.


by: http://puputkusuma.blogspot.com/

1 komentar: